Kamis, 15 Desember 2011

PERBEDAAN WINDOWS 3X, WINDOWS 95, WINDOWS ME DAN WINDOWS XP

   1.  WINDOWS 3X 
windows 3x merupakan OS generasi ketiga pabrikan microsoft .Windows 3x  juga sudah memiliki dukungan untuk kartu grafis VGA , SVGA ,XVGA bahkan  lebih lagi. Windows 3x juga dapat  menggunakan  memori diatas 640 kb, melebihi saingannya DOS. Windows 3x juga sudah dilengkapi dengan fitur drag-and-drop,sehingga bisa mendukung penggunaan kombinasi ctrl-alt-delete.


adapun ciri-cirinya antara lain:

  • Penggunaan tampilan GUI dengan icon-icon lebih  banyak dari pendahulunya windows 2x.
  • Penggunaan vitur multitasking, sehingga memudahkan user dalam penggunaanya.
  • Sudah dibangun sistem virtual memory.
  • Penggunaan tombol kombinasi ctrl+alt+delete, untuk mengontrol aplikasi yang sedang dijalankan ,mere-start pc atau menghentikan aplikasi yang sedang berjalan secara paks  
     2.   WINDOWS 95
Windows 95 sangat berbeda dengan Windows 3X karena fiturnya lebih lengkap yakni sudah adanya taskbar, tombol Start, dan menu konteks.OS ini berjalan pada PC yang transisinya antara 16 bit-32bit.



adapun ciri-cirinya antara lain:
  • Sudah diperkenalkan START MENU.
  • Fungsi vitur multitasking  lebih ditingkatkan dengan menggunakan skema preemptive multi tasking.
  • Penggunaan Windows Explorer sebagai file manager.
  • Sudah didukung dengan plug and play pada diteksi hardwarenya.
      3.  WINDOWS ME
Windows me atau Milenium Edition adalah system windows yang berjalan pada system 32 dan 64 bit.Sistem operasi ini di rancang untuk pengguna rumahan , windows ini menggantikan windows sebelumnya yaitu windows 98, yang merupakan sistem operasi yang transisi antara 16 bit ke 32 bit.

adapun ciri-cirinya antara lain:
  • Memperbaiki pendahulunya windows 98,dengan adanya dukungan aplikasi multimedia dan internet yang lebih baik.
  • Bisa mengupdate windows secara gratis melalui situs windows, sehingga user tidak ketinggalan OSnya.
  • adanya fitur sistem restore yang berfungsi untuk pemulihan sistem.
     4.  WINDOWS XP
Windows xp merupakan OS yang paling lama bertahan sampai saat ini. XP merupakan kependekan dari Experience.Sistem operasi ini lebih baik daripada yang sebelum-sebelumnya karena kestabilannya sudah ditingkatkan, tampilan nya pun sudah dirombak agar lebih mudah untuk digunakan user.

adapun ciri-cirinya antara lain:
  • Lebih stabil,dan tampilan lbih sempurna dibanding pendahulunya
  • Mendukung Domain Active Directory
  • Sudah ditingkatkan pengaturan kontrol akses
  • Mendukung penggunaan sistem file enkripsi EFS
Secara umum semakin kesini sistem opersi semakin maju dan semakin ditingkatkan kemampuannya,seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. 

PERBEDAAN WINDOWS NT,WINDOWS 2000 SERVER,WINDOWS 2003 SERVER, DAN WINDOWS 2008 SERVER

WINDOWS NT
Windows NT muncul untuk pertama kalinya dalam bentuk beta pada bulan Juli 1992.Windows NT merupakan   sebuah sistem operasi 32 bit.Sebagai pendahulu ,sistem operasi ini kurang  banyak mendapat dukungan device driver dikarenakan  mengembangkan driver Windows NT, dianggap sulit oleh banyak pengembang sistem operasi.Windows NT juga memiliki superioritas  dalam model abstaksi perangkat kerasnya. Sistem opersi ini  menawarkan performa terbaik dan mampu mengeksplorasi sumberdaya sistem sehingga lebih efisien walaupun dengan perangkat keras yang terbatas. 








WINDOWS 2000 SERVER
Windows 2000 Server merupakan hasil pengembangan pendahulunya Windows NT.Windows 2000 server  merupakan  versi windows berbasis kernel NT terakhir (Windows NT 5.0 build 2159) Sistem oprasi ini sudah dilengkapi fitur-fitur tambahan seperti:

  • Active Directory  yang baru yaitu sebuah model jaringan sebagai pengganti dari model jaringan NT domain yang menggunakan teknologi standar industri
  • Image Preview
  • Browser Explorer yang baru
  • Plug and Play yang lebih canggih
  • Windows Media Player yang terintegrasi
  • Penggunaan  driver berbasis Windows Driver Model Untuk perangkat kerasnya
  • manajemen daya yang lebih baik dengan ACPI (Advanced Configuration and Power Interface)yang lebih menghemat daya jika digunakan pada komputer portable seperti laptop


WINDOWS 2003 SERVER
Windows 2003 Server merupakan penyempurnaan pendahulunya yaitu Windows 2000 Server, Sistem operasi ini menawarkan fitur-fitur keamanan baru, pemandu "Manage your server wizard".
Windows 2003 antara lain :

  • Windows 2003 Server,Standard Edition.
  • Windows 2003 Server,Enterprise Edition.
  • Windows 2003 Server,Datacenter Edition.
  • Windows 2003 Server,Web Edition.
  • Windows Small Bussines Server 2003.
  • Windows Storage Server 2003.


WINDOWS 2008 SERVER
Windows 2008 Server  merupakan versi baru dari pendahulunya Windows 2003 Server.  Beberapa keunggulan teknologi dan keamanan ditingkatkan dan diterapkan agar bisa lebih modular secara signifikan dibanding pendahulunya Windows 2003 Server.Sistem operasi ini mendukung adanya sistem client dengan Windows Vista.





PERBEDAAN SISTEM OPERASI SUN,LINUX,MAC OS,DAN FREE BSD

SUN SOLARIS
 Sun solaris adalah sistem operasi dari keluarga UNIX pabrikan sun microsystem,  entah apa hubungannya dengan matahari sampai diberi merk SUN solaris. sistem operasi ini bekerja pada high end hardware sehingga dapat mendukung puluhan processor, Gb RAM, dan hard disk.Perintah- perintah dan aplikasi- aplikasinya hampir sama dengan UNIX dan LINUX, namun file konfigurasi dan penulisan perintahnya  sedikit berbeda sehingga membutuhkan pembiasaan.Selain itu aplikasi bawaanya lebih sedikit di banding linux dan unix,sehingga terkesan jadul.


LINUX
Linux adalah merupakan salah satu contoh pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Sperti perangkat lunak bebas dan sumber utama lainnya pada umumnya kode sumber linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan secara bebas oleh siapapun, namun hak patennya tetap dipegang oleh penemu kernel pertamanya yaitu Linus Torvalds pada tahun 1991.Linux dikenal  sebagai OS yang keamanan dan kestabilannya tinggi,  lebih kuat dibanding denan OS lan seperti microsoft windows.Linux sukses merajai pasar OS di banding pendahulunya UNIX, ini d karenakan linux tidak bergantung pada vendor(pengembangan terbuka),  sehingga biaya opersional menjadi rendah, dan kompatibilitis yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas.


Mac OS
Mac OS merupakan singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer. Mac OS  merupakan sistem operasi khusus untuk komputer macintosh  saja dan tidak kompitibel dengan PC berbasis IBM sehingga harganya cenderung mahal. Diperkenalkan pada tahun 1984.Mac OS cenderung lebih stabil dan memiliki interface yang friendly dan juga lebih powerfull.





FREE BSD
FREE BSD adalah sistem operasi bertipe UNIX bebas(berlisensi) yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. Free BSD berjalan diatas sistem intel x86 IA-32 ( termasuk Microsoft Xbox, DEC Alpha, Sun Ultra SPARC), IA-64,AMD-64, Power PC dan arsitektur NEC PC 98. Dukungan untuk arsitektur ARM dan MIPS sedang dalam pengembangan.Sistem opersi ini dikenal semagai OS yang performanya tinnggi, aman, fleksibel, sehingga banyak digunakan oleh  banyak perusahaan di dunia.

PERBEDAAN WINDOWS MOBILE, SYMBIAN, BLACK BERRY, I PHONE,DAN ANDROID

WINDOWS MOBILE
Windows Mobile adalah system operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft dan didesain untuk digunakan pada Smart phone dan perangkat nirkabel lainnya. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan Windows Desktop. Third Party Software Development tersedia untuk Windows Mobile, kebanyakan perangkat Windows Mobile dilengkapi dengan Stylus Pen, yang digunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar. 


Windows mobile dibedakan menjadi tiga yaitu:
  • Windows mobile standard.
  • Windows mobile profesional.
  • Windows mobile pocket.

SYMBIAN
Symbian sebagian besar digunakan pada peralatan bergerak(mobile),antar muka pemrograman menggunakan API .meskipun merupakan sistem terbuka tapi tidak terbuka secara penuh.kelebihan symbian misalnya merupakan gabungan komputer dan ponsel,multitasking,fleksibel dan open aplikasi( bisa meng-update terus aplikasi yang diinginkan)  dan juga pengaturan file(file managaernya lebih rapi dengan explorer) namun os seluler ini sangat rentan keamananya.memperkenalkan Symbian OS.v5 yang  mengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi pada perangkat seperti PDA selain telepon seluler, lalu munculah Symbian OS.v6.0 yang sifatnya terbuka karena system ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi dan munculah Symbian OS.v9.1 dengan system keamanan Capability Based Security. Lalu Symbian OS.v9.2 dengan Bluetooth v.2.0 dan yang terbaru Symbian OS.v9.3 yang menggunakan teknologi wifi 80211.


BLACK BERRY
Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997, Blackberry menggunakan system  multi-tasking operating system-OS yang memungkinkan pengguna secara intens dari sebuah alat. Blackberry  dilengkapi dengan layanan  telepon, push email, sms, BBM (Blackberry messager),menjelajah web dll,sehingga lebih lengkap dan praktis, selain itu layanan email dan browsernya sudah dikompress sehingga bisa menjelajah internet dengn labih cepat.OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2, OS 4 adalah keluaran terbaru yang merupakan pelengkap dari MIDP 2.0 dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan email, kalender dan lain-lain.

I PHONE

Iphone adalah system operasi revolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. yang dapat dihubungkan dengan jaringan internet untuk melakukan aktivasi, misalnya mengirim atau menerima email, menjelajah web dan lain-lain.Sistem operasinya dapat diupdate secara berkala melalui iTunes secara gratis.sampai sekarang i phone sudah memiliki 4 generasi dan yang paling terbaru adalah i phone 4, yang memperbaiki fitur- fitur generasi sebelumnya.

ANDROID
Android adalah system operasi untuk telepon seluler berbasis Linux, Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.Pada awalnya  android dikembangkan oleh Android Inc. kemudian sekarang diambil alih oleh Google Inc. sebagai pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel, Google merilis kode–kode Android di bawah Lisensi Apache yaitu sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Sampai saat ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android yaitu pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan yang kedua adalah benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung dari Google atau terkenal dengan sebutan Open Handset Distribution (OHD) atau sering di sebut android bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar