Kamis, 01 Desember 2011

software favorite

software favorit saya adalah Mozilla firefox
dukungan terhadap header Do Not Track pada kode HTML (lebih lengkap baca boks). Namun, selain feature ini, praktis hanya ada sejumlah pemutakhiran minor, termasuk perbaikan lebih dari 900 bugs yang terdapat pada Firefox 4.

Ada sih satu kapabilitas menarik yakni Firefox Sync yang berguna untuk melakukan sinkronisasi bookmarks, history, passwords, dan data-data pengguna ke aplikasi Firefox di platform lainnya. Tapi, feature ini sejatinya bukan hal baru karena sudah dibawa sejak Firefox 4.
Kami pun penasaran menguji kinerja Firefox 5 dengan memanfaatkan beberapa aplikasi online benchmarking.
Pada tes rendering Acid3, peramban ini hanya mencatat nilai 97, gagal mencapai angka sempurna 100. Pada tes SunSpider, peramban ini membutuhkan waktu total 282,8 milidetik untuk menyelesaikan serangkaian perintah JavaScript. Terakhir, pada tes Peacekeeper, Firefox 5 mendapat poin 4584.
Sebagai komparasi, hasil benchmarking serupa yang kami jalankan pada Opera 11.11 memberikan hasil: Acid3 100/100 (lebih baik dibanding Firefox 5); SunSpider 293,3 milidetik (lebih lambat); dan Peacekeeper 7368 (lebih besar nyaris dua kali lipat).
Meskipun begitu, Firefox 5 tampil sedikit lebih baik dalam uji teknologi termodern HTML5 dengan mencatat nilai 286 poin dibandingkan Opera 11.11 dengan 278 poin.
(Erry FP)
****
Secara umum, bisa dibilang Firefox 5 belum layak disebut sebagai sebuah rilis mayor. Soalnya, tidak ada perubahan feature anyar yang lebih signifikan dan “wah” dibanding versi sebelumnya. Di masa depan, pergantian versi dengan perubahan seperti ini tampaknya akan menjadi pilihan Mozilla seiring adopsi siklus hidup baru yang mereka pilih.

Tabel Benchmark
Untuk menguji Firefox 5, kami menggunakan sejumlah aplikasi online benchmarking yang mengukur kinerja rendering, pemprosesan JavaScript, HTML5, CSS, dan parameter lainnya. 
Acid3
97/100
Peacekeeper
4584
BrowserMark
230096
V8 Benchmark Suite
3608
HTML5 Test
286 (+ 9 poin bonus)
SunSpider JavaScript
282.8ms +/- 1.8%
Kraken JavaScript
6227.1ms +/- 0.5%

Spesifikasi Mozilla Firefox 5
Jenis
Freeware (Open Source MPL/GNU GPL)
Ukuran Installer
13 MB
Situs
Pengembang
Mozilla Foundations
Sistem Operasi
Windows, Mac OS, Linux



Firefox Sync Firefox

Sync yang muncul secara built-in sejak Firefox 4 ialah alat sinkronisasi bookmarks, passwords, history, tabs, dan preferences di Firefox desktop dan mobile, kapan pun dan di mana pun aksesnya. Untuk memakainya, kita harus membuat akun terlebih dahulu guna mendapatkan sync key.


Do Not Track
Fungsi Do Not Track berfungsi sebagai perlindungan dari aplikasi web dan jaringan iklan online yang merekam jejak dan aktivitas pengguna Firefox di internet. Untuk mengaktifkan, centang opsi Tell websites I do not want to be tracked pada bilah Privacy di menu Options. 

Plus     : Lebih hemat memori; Mendukung feature Do Not Track dan Firefox Sync; Tampilan lebih lega

Tidak ada komentar:

Posting Komentar